Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Oximeter Beserta Fungsi dan Kegunaannya

Situasi seperti sekerang ini banyak orang mencari informasi mengenai harga oximeter dipasaran. Sebab alat tersebut kini menjadi barang wajib yang disarankan oleh pihak WHO. Pasalnya, kegunaannya pun cukup berguna terutama untuk mengecek kondisi kesehatan.

Memahami Tentang Harga Oximeter Beserta Fungsi Dan Kegunaannya

Oximeter menjadi salah satu barang yang banyak dicari saat ini. Terlebih pada masa pandemi, orang berbondong-bondong untuk membelinya guna memastikan kondisi kesehatan tubuh. Jika Anda belum paham, simak ulasan berikut mengenai Oximeter dari fungsi hingga harga.

1.  Apa Itu Alat Pulse Oximeter?

Menurut para ahli kesehatan, Oximeter adalah sebuah alat yang berguna untuk mengukur tingkatan Saturasi oksigen di dalam darah. Alat tersebut umumnya memiliki sebutan lain pada beberapa kalangan. Mulai dari Pulse Oximeter atau Oximeter nadi, namun fungsinya sama.

Oximeter

Selain memeriksa atau mendeteksi tingkatan oksigen dalam darah, alat tersebut juga memiliki kegunaan lainnya. Oximeter juga berguna untuk mengetahui perihal efisiensi kadar oksigen ke bagian paling jauh seperti jantung. Bahkan kemampuan deteksinya hingga kaki serta lengan.

2.  Fungsi Pulse Oximeter

Terlepas dari pembahasan sebelumnya, pada dasarnya ada banyak fungsi lainnya dari Oximeter. Seperti mendeteksi berbagai macam penyakit, mulai dari asma hingga COPD atau paru-paru obstruktif. Kemudian, kemampuannya juga mengetahui kanker paru serta anemia.

Fungsi Oximeter juga bisa digunakan sebagai pengukur seberapa efisiensi obat terhadap tubuh. Seperti halnya memberi penilaian akan suatu obat yang bekerja dibagian paru. Membantu evaluasi perihal seberapa orang membutuhkan ventilator dan masih banyak lagi.

3.  Harga Pulse Oximeter

Pada dasarnya, harga Oximeter sangatlah bervariatif. Hal tersebut dikarenakan ada banyak produsen yang meluncurkan alat deteksi satu ini dan menyebar di apotek atau toko kesehatan lainnya. Dengan begitu, Anda pun harus pandai dalam menentukan pilihan yang berkualitas.

Namun secara umum, harga dari pulse Oximeter dimulai dari yang paling murah yaitu berkisar Rp. 300.000. Selain itu, ada juga yang dibandrol dengan harga lumayan tinggi. Hal tersebut disesuaikan pada penggunaannya saja. Jika untuk jangka panjang, sebaiknya yang mahal.

4.  Cara Menggunakan Pulse Oximeter yang Baik dan Benar

Dalam penggunaannya tentu tidak boleh dilakukan secara sembarang. Sebab, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terutama perihal sterilisasinya. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya, disarankan agar mencuci tangan terlebih dahulu sampai cukup bersih.

Kemudian, letakan Pulse Oximeter pada jari tangan. Jangan khawatir, karena meskipun ada tekanan hal tersebut tak menimbulkan rasa sakit. Apabila pemakaian sudah selesai, maka segerala bersihkan pakai alkohol. Khusus pasien covid, tentu ada ketentuan dan cara sendiri.

5.  Cara Membaca Pulse Oximeter Dengan Mudah

Pada dasarnya, untuk membaca hasil dari Oximeter tergolong cukup mudah. Jika hasilnya dalam kondisi normal, maka alat akan menunjukkan dua angka berbeda. Pertama yaitu %Sp02 yang merupakan informasi kadar oksigen di darah. Kalau simbol HR ialah denyut nadi.

Kadar oksigen normal umumnya akan menunjukkan informasi angka 98 hingga 100% untuk %Sp02. Sedangkan bagi yang mengalami Happy hypoxia atau sebutan lainnya kekurangan oksigen maka hasilnya akan berada di bawah angka normal. Umumnya 92% kurang lebih.

Itulah tadi pembahasan mengenai harga oximeter beserta fungsi dan kegunaannya. Setelah Anda memahaminya, ada baiknya untuk segera membelinya agar dapat mengecek kondisi tubuh secara rutin. Terlebih disituasi seperti sekarang, alat ini tentunya akan sangat berguna.

Posting Komentar untuk "Harga Oximeter Beserta Fungsi dan Kegunaannya"